Sebagian Harta Yang Berharga Adalah Dapat Bersama Dengan Teman Selamanya

Senin, 10 Februari 2014

3 Kacamata Komputer yang Siap Rilis


1. MetaPro

Diperkenalkan pada pertengahan Desember 2013, MetaPro akhirnya sudah bisa dipesan di situs resminya dan akan mulai dijual pada Juli 2014. Kacamata pintar ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih canggih dan tampilannya pun lebih menarik dari Google Glass. 

MetaPro memiliki kemampuan komputasi yang dapat membantu berbagai pekerjaan berat, seperti desain grafis yang dipadukan dengan teknologi augmented reality (AR). Desainnya yang casual cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. 

Menurut yang dilansir Phone Arena, Selasa (31/12/2013), kelebihan lain dari MetaPro adalah memiliki tampilan layar 15 kali lebih besar dari Google Glass. Namun sayangnya, berbeda dengan Google Glass yang bersifat nirkabel, MetaPro masih menggunakan kabel yang terhubung ke komputer kecil (bisa dimasukan ke dalam saku).

Untuk mendukung kinerja, kacamata besutan startup yang berbasis di Silicon Valley bernama Meta ini diperkuat dengan CPU Intel i5 1,5 GHz, termasuk RAM sebesar 4 GB dan SSD 128 GB. Untuk kenyamanan pengguna, rencananya Meta akan memangkas koneksi kabel tersebut dan menawarkan koneksi nirkabel seperti Google Glass.  MetaPro memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi dengan smartphone di ruangan terpisah sehingga dapat melihat gambar virtual melalui handset mereka. Sementara itu para pengembang tengah mengerjakan beberapa aplikasi yang kompatibel untuk kacamata ini, termasuk game live-action dan aplikasi medis untuk mengetahui tanda-tanda vital pada pasien melalui layar.

Sebelumnya Meta sempat meluncurkan produk sejenis dengan harga US$ 667 Rp 8 jutaan dan berhasil meraup keuntungan hingga US$ 650 ribu atau sekitar Rp 7,9 miliar. Namun, MetaPro terbaru ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi dan rancangan teknis yang lebih rumit.

Maka dari itu harganya jauh lebih mahal dari pendahulunya yaitu sebesar US$ 2.985 atau sekitar Rp 36,5 juta - dua kali lipat lebih mahal dari Google Glass. 

2. Lumus

Google glass merupakan produk pertama yang menggabungkan kemampuan seperti smartphone dengan kacamata yang terlihat elegan, namun bukan cuma google yang mengembangkan kacamata ini ternyata telah banyak perusahaan yang tertarik untuk membuat kacamat pintar ini. Lumus nama yang diberikan kepada smartglass baru ini, dengan frame yang terlihat stylish dan spesifikasi yang cukup menakjubkan.
Lumus DK40 side view 580x216 300x111 Lumus DK 40 yang stylish saingan utama dari Google Glass
Lumus dikenal dengan produknya yang dibuat khusus untuk kebutuhan militer, banyak mensuplai kebutuhan untuk angkatan udara US, namun saat ini Lumus mencoba untuk membuat consumer product.
Lumus bukan satu-satunya pesaing yang berperang di pasaran melawan google glass, Vuzix M100s yang beberapa minggu lalu meluncurkan produk smart glassnya, dan telah banyak dilakukan preorder oleh orang-orang di berbagai negara. Dengan adanya kompetisi ini telah membuat harga pasaran smart glass turun ke angka $500, yang tadinya cukup membuat google kaya raya dengan harga yang selangit kini menjadi sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga sebelumnya.
Lumus DK40 580x342 300x176 Lumus DK 40 yang stylish saingan utama dari Google Glass
Layaknya google glass, Lumus DK-40 memiliki penampakan yang mirip, tetapi secara fungsi memiliki banyak perbedaan. Google Glass yang memiliki  layar kecil di bagian kanan atas, sedangkan DK-40 memiliki display 640 x 480, walaupun anda masih bisa melihat melaluinya, DK merupakan alternatif terbaik setelah google glass, jika anda sangat menginginkan produk smart glass
Saat ini produk ini masih dalam tahap pengembangan dengan dev kit dan SDK akan tiba pada CES 2014,  kita akan melihat penampakan aslinya pada tahun 2014 nanti.
Secara estetis, Lumux DK-40 memiliki design yang lebih stylish dibandingkan dengan google glass, apakah produk ini akan lebih laku di pasaran? Kita lihat saja bagaimana perusahaan pembuat alat militer ini berkompetisi dengan google.
3. Google Glass
Google Glass alias kacamata pintar Google baru akan dijual secara luas pada 2014. Namun Google sudah punya rencana lain, yakni menghadirkan versi murah dari kacamata pintarnya tersebut.

Bocoran ini berasal dari sumber yang dekat dengan Google. Sayangnya tidak disebutkan berapa kisaran harga versi murah dan perkiraan waktu perilisannya untuk pasar luas.

Sebagai gambaran, Google Glass yang dijual ke para developer awal tahun ini berada di kisaran USD 1.500. Namun saat dipasarkan untuk umum nanti banderolnya dikabarkan menurun hingga USD 299 atau di kisaran Rp 3 jutaan saja. Harga Google Glass versi murah kemungkinan berada di bawahnya. 

Melibatkan para pengguna pemula yang ikut menguji coba produk, lalu merilisnya secara bertahap, adalah strategi yang akrab digunakan Google. Strategi ini juga yang diterapkan Google untuk Google Glass.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/10/2013), sekitar 10 ribu pemilik Google Glass pemula yang ikut menguji perangkat ini, diperbolehkan mengundang hingga tiga orang untuk membeli Google Glass.

Para pengguna Google Glass pertama, umumnya terdiri dari para developer, programmer dan pemenang kontes online Google Glass yang diadakan Google awal tahun ini.

Dengan kemampuan rekam foto dan video, dibekali memori internal sampai mengakses internet, kacamata ini memang canggih. Dan karena digunakan seperti layaknya kacamata biasa, mungkin tidak banyak yang tahu kecanggihannya.

Kontroversi pun mewarnai kemunculan Google Glass, dan berbagai prediksi berkaitan dengan privasi pun mengemuka. Wearable gadget ini antara lain bisa disalahgunakan untuk memata-matai orang dan melanggar privasi.
By : Gog Marmut
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Akselerasi 1 Denanyar ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0