Sebagian Harta Yang Berharga Adalah Dapat Bersama Dengan Teman Selamanya

Selasa, 11 Februari 2014

Nyai Rara Santang




       Nyai Rara Santang (Syarifah Muda'im) adalah Ibu dari Sunan Gunung Jati. Beliau merupakan putri dari sri Baduga Maharaja dan Nyai Subang Larang, dan merupakan adik dari Kian Santang dan Pangeran Walangsungsang. Beliau dimakamkan bersebelahan dengan anaknya, Sunan Gunung jati di Komplek Astana Gunung sembung (Cirebon)










        Suaminya adalah syarif Abdullah, seorang mubaligh dan musafir besar dari Gujarat, India. Syarif dikenal sebagai Syekh Maulana Akbar bagi kaum Sufi di tanah air. Syekh Maulana Akabar adalah putra Ahmad Jalal Syah bin Abdullah Khan bin Abdul Malik bin Alwi bin Syekh Muhammad Shahib Mirbath. Syekh Muhammad Shahib Mirbath adalah Ulama' besar di Hadramaut, Yaman yang silsilahnya sampai pada Rosulullah melalui cucunya, Imam Husain.

       Pertemuan Rara Santang dengan Syarif Abdullah, cucu Syekh Maulana Akbar masih diperselisihkan. Sebagian riwayat (lebih tepatnya mitos) menyebutkan bertemu pertama kali di Mesir, tapi analisis yang lebih kuat atas dasar perkembangan Islam di pesisir ketika itu, pertemuan mereka di tempat-tempat pengajian seperti yang di Majelis Syekh Quro, Karawang (tempat belajar Nyai Subang Larang ibu dari Rara Santang) atau di Majelis Syekh Datuk Kahfi, Cirebon (tempat belajar Kian Santang dan Pangeran Walangsungsang, kakanda dari Rara Santang).
           Syarif Abdullah sangat mungkin terlibat aktif membantu pengajian di majelis-majelis itu mengingat ayah dan kakeknya datang ke Nusantara sengaja untuk menyokong perkembangan agama Islam yang telah dirintis oleh para pendahulu.
Pernikahan Rara Santang dengan Abdullah melahirkan seorang putra yang diberi nama Raden Syarif Hidayatullah (Sunan gunung Jati)






by : Tanzila Feby N.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Akselerasi 1 Denanyar ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0