Sebagian Harta Yang Berharga Adalah Dapat Bersama Dengan Teman Selamanya

Senin, 27 Januari 2014

Pompa Istimewa Jerapah





Semua pasti tau jerapah kan? udah pernah liat juga dong?? Jerapah adalah hewan mamalia bertubuh sangat tinggi. ketika berdiri tegak, tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter. bahkan, nenek moyang jerapah tingginya berkali-kali lipat dari tinggi jerapah sekarang!

Dengan tubuh yang begitu tinggi, jerapah harus memiliki jantung yang sangat kuat. Jantung jerapah harus bekerja ekstra. Jantung jerapah harus mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara sempurna, termasuk ke otak yang merupakan pusat kontrol.  Padahal ya… jarak dari jantung ke otak itu jauh banget bagi si jantung. jaraknya kurang lebih 2 meter lho! Bandingkan aja sama jarak dari jantung ke otak manusia. Jaraknya paling hanya 50 cm. Artinya, jantung jerapah harus jauh lebih kuat dibandingkan dengan jantung manusia.

Karena itu, jantung jerapah sangatlah penting. Kalo disimpulin, jantung jerapah berfungsi sebagai alat pompa yang membawa darah dari jantung menuju otak sejauh 2 meter ke arah atas.
                                                                  
Bukan cuma itu! Jerapah juga memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada manusia. Kalo manusia, tekanan darahnya sekitar 120 mm Hg. Kalo si jerapah… tekanan darahnya kira-kira tiga kali lebih tinggi, yaitu sekitar 300-350 mm Hg. Pastinya, manusia akan mati dengan tekanan darah setinggi itu…pembuluhnya pecah semua deh.     

Dengan tekanan darah setinggi itu, semuanya akan berjalan dengan normal bagi si jerpah ketika ia berdiri. Tapi, jadi bahaya banget kalo si jerapah membungkukkan tubuhnya. Darah akan secara otomatis bergerak ikut turun karena adanya tarikan gravitasi. Darah yang dipompa jantung akan mengalir cepat di dalam pembuluh darah yang sempit banget! Kalo udah gini, tekanan darah di otak jadi jauh lebih besar. Bisa-bisa terjadi pendarahan di kepala dan otak jerapah.

Beruntung banget si jerapah! Karena ia memilikisitem pembuluh darah istimewa. Jerpah memiliki semacam “sensor” untuk mendeteksi naiknya tekanan darah pada arteri. Selain itu, jerapah juga punya pembuluh darah arteri yang dapat mengecil dan pembuluh vena yang memiliki katup. Pembuluh darah yang menuju otak membentuk lingkaran pembuluh arteri, sering juga disebut pembuluh darah berbentuk U (pembuluh darah berbentuk pulau). Pembuluh darah itu juga dilengkapi dengan rete mirabile, yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan darah pada otak jerapah, terutama kalo si jerapah lagi minum. 

Rete mirabile adalah suatu bentuk pembuluh darah yang berada di antara arteri dan vena yang letaknya saling berdekatan. Fungsinya sebagai penyeimbang tekanan aliran darah yang mengalir berlawanan arah.

Sekarang cara kerjanya. Gini nih… ketika seekor jerapah membungkuk, “sensor” tekanan memberitahukan kalo tekanan darah meningkat. Merespon laporan si “sensor”, pembuluh darah arteri akan mengecil. Jadinya, darah dari jantung yang dibawa si arteri nggak semuanya mengalir ke otak! Sebagian akan mengalir ke rete mirabile.

Habis gitu… katup di pembuluh vena juga akan menutup. sehingga, tekanan darah di vena sama dengan tekanan di arteri. Jadinya, darah segar dari arteri tidak bercampur dengan darah kotor dari pembuluh vena di rete mirabile. Meskipun agak rumit, cara kerja inilah yang membuat otak jerapah selamat dari kerusakan.

Oh ya… otak jerapah juga dilengkapi dengan cairanserebrospinal. Cairan serebrospinalkadang-kadang juga disebut cairan otak dan tulang belakang. Walaupun kadang-kadang kita mendengar penyakit yang disebabkan olehserebrospinal… sebenarnyaserebrospinal sangat bermanfaat bagi si jerapah, karena membantu mencegah kerusakan pada otaknya!!

serebrospinal berfungsi untuk membasahi otak dan tulang belakang, serta menghasilkan tekanan balik untuk mencegah kerusakan atau kebocoran pada pembuluh darah halus. Jadi, cairan ini sangat membantu jerapah bertahan hidup.

Nah, sekarang sudah tau kan? Bahwa jerapah si leher panjang memiliki pompa jantung yang sangat istimewa!

oleh : Achmad Rozan Febrian
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Akselerasi 1 Denanyar ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0